Minggu, 14 Desember 2014

Tentang Program Riset Remaja, PELAJAR MANDIRI (Mengenal Desa Sendiri)

| 1 Comment
Pelajar Mandiri (Mengenal Desa Sendiri) merupakan sebuah program yang digagas oleh JINGGA Media di penghujung tahun 2014. Melalui program ini, JINGGA Media berharap teman-teman remaja di desa-desa mampu mengenali, mengamati, mendokumentasikan serta menumbuh-kembangkan gagasan  yang dimiliki guna turut ambil bagian dalam  membangun dan memajukan lingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

            Selama ini keberadaan remaja di lingkungan masyarakat masih dianggap sebagai lingkaran kedua yang tidak dapat mengambil peran dalam memajukan desa secara langsung. Remaja hanya diposisikan sebagai aktor masa depan yang tidak dibekali pengalaman langsung sedini mungkin dalam memahami segenap permasalahan yang menjadi penentu kemajuan dan pembangunan desa secara jangka panjang. Hal ini diperkuat lagi dengan posisi sebagian besar remaja yang tidak mampu mengenali lingkungan desanya dengan baik dan lengkap, terutama terkait alur sejarah.

            Melalui program Pelajar Mandiri ini, para remaja akan diajak untuk berkeliling dan kembali melihat setiap sudut desa baik secara fisik maupun melalui kekayaan intelektual dan sejarah. Setelah itu, mereka terus dilibatkan dalam ruang bersama untuk mendiskusikan data-data yang telah dirangkum. Barulah pada akhirnya, para peserta yang mengikuti program ini diharapkan mampu mewujudkan simpulan hasil pengamatannya melalui dokumentasi berupa tulisan, gambar, sekaligus video. Data-data yang dihasilkan akan dijadikan sebagai aset dan tradisi baru dalam mendorong kemajuan dan pembangunan desa.

            Dari segi proses dan tahapan, program ini dilakukan berdasarkan metode penelitian partisipatif yang dimodifikasi sesuai dengan minat dan kemampuan remaja. Secara garis besar, para peserta akan dikenalkan dan dilibatkan dari mulai tahap transek dan pemetaan, meninjau dan mengamati data-data resmi, menentukan indikator lokal, mendiskusikan dan menyusun kuesioner, melakukan survei, olah data, dan presentasi.

            Program Pelajar Mandiri direncanakan tuntas dilaksanakan dalam masa penelitian 3 (tiga) bulan, mulai dari Januari hingga Maret 2015. Desa Cipeujeuh Kulon Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon diputuskan menjadi tempat pelaksanaan proyek pertama. Hal ini berdasarkan pada dukungan dan tanggapan yang baik dari pemerintah desa setempat atas gagasan yang diluncurkan pertama kali pada tanggal 30 November 2014. Berikutnya, program ini akan berlanjut pada desa-desa yang memiliki kepedulian dan harapan lebih pada gagasan keterlibatan remaja dalam membangun dan mengembangkan desa, sebagai rumah masa depan mereka.[]
Tags : ,

1 komentar:

  1. […] Cipeujeuh Kulon mengikuti program Pelajar MANDIRI ( Mengenal Desa Sendiri ) yang di lakukan oleh Jingga Media di halaman depan balai Desa Cipeujeuh Kulon ( 14/12/2014 […]

    BalasHapus