Kamis, 27 November 2014

JINGGA Media Gelar Pelatihan Partisipasi Masyarakat Desa

| No comment

Siliwangi, JM JINGGA Media bekerjasama dengan Indonesian Parliamentary Center (IPC), Pengurus Pusat (PP) Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Nahdlatul Ulama (Lakpesdam NU), Yayasan Satu Karsa Karya (YSKK) dan Garut Governance Watch (GGW), menggelar Pelatihan Seni Mengelola Partisipasi Masyarakat yang diikuti oleh perwakilan pemerintahan desa di Hotel Metland, Jl. Siliwangi, Kota Cirebon, Kamis (20/11).


Kegiatan yang diikuti oleh empat desa yakni Cipeujeuh Kulon, Gegesik Kidul, Rawaurip Kabupaten Cirebon dan Desa Singaraja Kabupaten Indramayu ini bertujuan untuk melatih aparat pemerintahan desa dalam memahami UU Desa yang akan berlaku, selain itu juga dalam rangka mendorong keterlibatan masyarakat dalam pengambilan kebijakan.


Menurut Yunto, salah satu peserta dari Desa Rawaurip mengatakan, kegiatan ini sangat membantu pemerintah desa dalam memahami hak dan kewajiban pemerintahan desa yang terkandung dalam UU Desa.


“ Pelatihan ini juga memberikan pemahaman kepada kita, tentang bagaimana menyaring dan mendorong masyarakat untuk terlibat dalam penentuan kebiajakan,” Ujar Yunto.


Selain dilaksanakan di dalam ruangan, kegiatan yang diselenggarakan selama empat hari ini juga menggelar praktik lapangan secara langsung di Desa Rawaurip. Dalam praktik lapangan, para peserta ditantang untuk membuat sebuah forum yang diikuti oleh masyarakat desa setempat, selain itu mengajak mereka untuk ikut terlibat dalam pengambilan kebijakan yang akan dilakukan oleh pemerintah desa.


“ Di sini kita mengaplikasikan dari seluruh pelatihan yang sudah dilakukan selama empat hari. Semua peserta terlihat antusias dan memahami tentang proses yang harus dilakukan,” Ungkap Erik, dari IPC. [Ismail]

Tags : ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar