Minggu, 16 Agustus 2015

MadingSekolah.net Peringati HUT RI ke-70

| No comment

Peringati HUT RI ke-70, MadingSekolah.net Adakan Lomba Tulis Surat untuk Presiden

Cirebon - Dalam rangka memperingati Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-70, Komunitas sekaligus portal internet aneka karya tulis pelajar Indonesia, MadingSekolah.Net. Mengadakan lomba menulis surat dengan tema “Kepada: Indonesiaku”. Lomba tersebut diperuntukkan bagi pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat, Jum’at (14/08).

Dikatakan Dea Sheila Hilalia, ketua panitia, lomba tersebut digelar secara online. Dibuka selama 17 hari, dimulai sejak tanggal 1 Agustus 2015 lalu. Hal itu sesuai dengan peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945.

“Sampai saat ini, sudah ada ratusan surat yang masuk dari pelajar di berbagai daerah di Indonesia,” kata Dea saat di temui CT, di Kantor Redaksi MadingSekolah.Net, Komplek Mertapada Asri Blok J No. 15, Mertapada Wetan, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon.

Selama 14 hari, lanjut Dea, panitia telah menerima surat para peserta dari berbagai daerah, yakni Cirebon, Jakarta, Tangerang, Cimahi, Bandung, Yogyakarta, Bali, Parepare, Medan, Pontianak dan berbagai kota lainnya. Isi surat tersebut, yakni berupa gagasan, kritik dan ide, yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo, Menteri Pendidikan, Walikota atau Bupati di daerah masing-masing, atau ditujukan secara umum untuk negara dan bangsa Indonesia.

“Nanti hadiahnya berupa modem, flashdisk, paket buku, sertifikat, voucher belanja, juga bagi 25 naskah terbaik rencananya akan kami bukukan. Untuk Tema dan pembahasan surat beragam, ada yang tentang pendidikan, agama, politik, ekonomi, kedisiplinan dan kebersihan, atau ada juga yang sekadar ucapan ulang tahun kemerdekaan,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Program JINGGA Media (lembaga induk yang menaungi MadingSekolah.Net), Ahmad Rofahan mengatakan, lomba menulis surat dipilih untuk dimasukkan sebagai agenda tahunan karena bertujuan untuk membangkitkan rasa patriotisme para pelajar di Indonesia.

“Selain karena menulis surat itu saya kira bagian dari tradisi menulis paling jujur. Mereka (peserta) bisa secara bebas mengungkapkan segala unek-unek, keluhan, atau harapan sesuka hati. Meskipun kami pantau juga soal kesantunan dan keotentikan fakta yang diangkat,” katanya.

Rofahan berharap, dengan digelarnya lomba menulis surat ini, para pelajar juga termotivasi untuk meningkatkan bakat dan minatnya dalam bidang tulis menulis. Selain menilai, kata dia, dewan juri dan panitia juga membantu meneruskan surat kepada obyek yang dituju.

“Kita manfaatkan media sosial yang ada, semisal surat ditujukan kepada Presiden Joko Widodo, maka tautannya akan langsung kami tandai kepada beliau. Selain soal masukan yang juga perlu diperhatikan, paling tidak, bakat menulis mereka penting untuk dihargai,” pungkasnya. (Riky Sonia)*

*sumber : Cirebontrush.com
Tags : ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar