Sabtu, 27 Juni 2015

Menyambut Apresiasi

| No comment
: Prakata Sambutan JINGGA Media
atas Penghargaan sebagai Komunitas TIK Terbaik se-Jawa Barat 2015


Oleh: Ahmad Rofahan*

“Definisi kesepian yang sebenarnya adalah hidup tanpa tanggungjawab sosial” ― Goenawan Mohamad-

Oleh sebab itulah kami menggemari keramaian. Bukan keramaian kosong dan menghanyutkan hingga lupa diri. Keramaian yang dimaksud adalah derap semangat bergotong-royong, menepuk pundak siapapun yang peduli dengan kemajuan bersama, untuk saling melekatkan tentang betapa pentingnya menjadikan tanggungjawab sosial sebagai prinsip hidup.

Predikat sebagai komunitas Teknologi Infonrmasi dan Komunikasi (TIK) Terbaik se-Jawa Barat 2015 yang baru-baru ini disematkan pada JINGGA Media merupakan anugerah tersendiri, namun di sisi lain, penghargaan ini adalah kabar baik yang sekaligus menjadi tanggung jawab milik bersama, milik orang-orang yang telah berbagi peduli, kepada sesama.

Meskipun tentu, penghargaan ini bukan berarti datang tanpa alur. Sejak kali pertama berkumpul, yakni di penghujung tahun 2012, JINGGA Media telah menekadkan dirinya sebagai rumah milik bersama untuk menyalurkan ide-ide sosial, terlebih melalui perangkat pemanfaatan TIK untuk kedaulatan informasi komunitas dan masyarakat. Dari titik inilah, setiap yang kami kerjakan selalu dan harus bertumpu pada kepentingan akar rumput, mendorong kekuatan komunitas untuk dapat mengambil peran dalam ruang-ruang berkemajuan.

Gerakan yang dilakukan oleh JINGGA Media adalah gerakan sosial yang membingkai dua titik bidik saling berdekatan. Penguatan komunitas lokal, dan pelajar. Keduanya merupakan dua pilar pokok dalam pembangunan di Indonesia. Satu sisi sebagai intensitas dasar negara, yang berikutnya adalah sebuah ruang tentang bagaimana terbentuknya pola masa depan bangsa.

Institusi dan masyarakat desa sebagai perlambang dari kekuatan lokal sudah semestinya didorong untuk bisa berdaulat menentukan arah pembangunannya sendiri. Melalui pemanfaatan TIK yang baik dan mengakar, komunitas pedesaan pasti mampu mewujudkan seri komunikasi dan pelayanan yang praktis, akan tetapi tanpa menggugurkan nilai-nilai luhur yang telah ada sebelumnya.

Begitupun saat JINGGA Media berperan sebagai teman sekaligus mitra bincang bagi para pelajar, kami rasa, kemajuan teknologi sekarang ini memang patut dikatakan sebagai rahmat yang perlu disyukuri, namun di sisi lain, kemajuan yang tak diimbangi dengan fondasi diri yang kuat -terlebih sebagai generasi penerus bangsa-, adalah medan yang paling mengancam dan paling menghancurkan.

Selebihnya, kami sampaikan terima kasih kepada yang telah memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada JINGGA Media. Terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Barat, serta tim penilai TIK Award 2015. Terima kasih juga kami sampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Cirebon, Bupati dan seluruh warga Kabupaten Cirebon, Diskominfo Kabupaten Cirebon, seluruh mitra lembaga dan jaringan, serta para kuwu dan pelajar yang selama ini terlibat dalam setiap gerakan yang kami dorong untuk kemajuan bersama. Sekali lagi, penghargaan ini adalah milik bersama, yang mesti dirayakan sebagai perlambang kedaulatan masyarakat dan komunitas. Tabik!


*Direktur Program JINGGA Media
Tags : ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar