Minggu, 28 Desember 2014

Menabik 3 Tahun GDM

| 1 Comment
Kami menyepakati Gerakan Desa Membangun (GDM) sebagai rumah besar bagi inisiatif-inisiatif pendorong kemajuan desa di Indonesia, terutama melalui pentingnya pemanfaatan Teknologi Infomasi dan Komunikasi (TIK).  Melalui GDM, masyarakat desa disuntik dengan sikap kepercaya-dirian dalam mengelola informasi, guna melampaui anggapan-anggapan  keterbelakangan yang selama ini kerap disasarkan pada masyarakat di dalamnya.


            Sebagai sebuah jaringan, GDM telah banyak menghubungkan motor-motor penggerak pembangunan desa. Dalam semangat ini, JINGGA Media merasa beruntung turut dilibatkan dalam ruang belajar melalui pengalaman-pengalamannya yang berharga. JINGGA Media banyak belajar melalui gerakan-gerakan yang digenjot GDM di beberapa daerah, terlebih di Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Tasikmalaya.


            Prinsip dan pengalaman berharga dari GDM tersebut kemudian kami serap dengan turut menggerakkan semangat kemandirian di Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Majalengka, hingga akhirnya, kami mendorong masyarakat desa untuk melakukan gerakan kolektif serupa melalui jalinan SintrenDesa (Situs Internet untuk Pengembangan Desa), sebuah ruang komunikasi di mana para penggiat pemberdayaan desa dapat bertukar gagasan dan pengalaman dalam mendorong kemajuan desa ke arah yang lebih baik.


            Di tiga tahun usianya, kami banyak berharap bahwa GDM akan terus berdiri di barisan paling depan dalam memberikan semangat kemandirian terhadap masyarakat desa. Juga melalui gagasan-gagasannya dalam mendorong penyelenggaran pelayanan publik pemerintahan desa yang baik, efektif dan efesien.


            Akhirnya, kami ucapkan selamat ulang tahun GDM yang ke-3, kami juga sampaikan salam hormat kepada Mas Yossy Suparyo, Pak Budi Satrio, Pak Bayu Setyo Nugroho, Pak Yana Noviadi, Mas Irsyadul Ibad,  Mas Soepriyanto, kepada  kawan-kawan penggiat GDM di seluruh Indonesia, serta kepada puluhan nama lain yang tidak dapat kami tuliskan satu persatu. Kami harap, perayaan 3 tahun GDM adalah perayaan bersama, perayaan menyambut kemandirian dan kemajuan desa ke arah yang lebih baik. Tabik!


Cirebon, 24 Desember 2014

JINGGA Media,


Ahmad Rofahan

Direktur Program
Tags : , ,

1 komentar: